Rabu, 21 Desember 2011

Anak Gaul kok Takut Digauli


Anak gaul kok takut digauli?? Sebuah kalimat yang membuat saya tergelitik ketika membacanya. Apa salahnya dengan tulisan tersebut..? Sebenernya mungkin memang ndak ada yang salah dengan kalimat tersebut, tapi mungkin jika digali lebih jauh lagi, kalimat tersebut mempunyai makna yang dalam.
''anak gaul'' saya rasa merupakan sebuah impian bagi para remaja di zaman sekarang ini untuk menjadi anak gaul, atau memiliki predikat sebagai anak gaul. terkadang berbagai macam cara digunakan agar seorang remaja memiliki predikat sebagai ''anak gaul''. Entah itu dari segi berpakaian, berbahasa, ataupun juga dari segi perilaku tingkah laku.
Dari segi berpakaian, bisa dibilang ''anak gaul'' tentunya lebih modis dan juga lebih mengikuti gaya tren yang sedang naik daun. Dari segi berbahasa mungkin bisa dilihat baik secara lisan maupun tulisan. Secara lisan sering kita jumpai remaja yang berbicara dengan nada yang dilebih lebihkan, secara tulisan bisa dilihat dari tulisan di sms, atau juga di beberapa status facebook yang sering kita lihat, atau mungkin sebutan kerennya adalah bahasa 'alay'.
Yang sedikit menarik bagi saya adalah ''gaul'' dalam bentuk sikap atau perbuatan, yang tentunya juga berhubungan dengan judul postingan saya diatas. Bagi beberapa remaja terkadang mengartikan gaul dalam bentuk sikap dengan agak sedikit negatif. Kadang mereka mengartikan gaul itu adalah berhura hura bersama teman teman, hang out ke tempat tempat yang agak 'aneh' yang terkadang sedikit memaksa dari batas kemampuan yang mereka miliki. Yang lebih menyedihkan lagi, terkadang beberapa remaja mengartikan gaul dengan cara mempunya kehidupan yang bebas, bebas mau ini dan juga bebas mau itu.
Anak gaul kok takut digauli?? Ya memang, terkadang agak gaul sedikit berlebihan mengartikan 'bebas' dalam hal berhubungan dengan lawan jenisnya. Terkadang gaul berarti mereka bebas melakukan hal hal yang tentunya belum pantas mereka lakukan. Berciuman, raba rabaan, dan lebih jauh lagi terkadang mereka melakukan hal-hal layaknya yang dilakukan oleh pasangan suami istri.
Tentunya kita semua tidak ingin hal itu terjadi, kita semua tentunya tidak ingin seluruh generasi muda kita melakukan hal hal yang belum sepantasnya mereka lakukan. 'gaul' tidak berarti harus merusak masa depan sendiri, gaul tidak berarti harus melakukan hal hal yang bertentangan dengan norma yang ada dalam masyarakat, dan tentunya gaul juga harus didasari dengan rasa tanggung jawab yang kuat ya minimal tanggung jawab terhadap diri sendiri dan masa depan.
Jadi kalimat ''anak gaul kok takut digauli'' harusnya sedikit dirubah kata-katanya, harusnya ''anak gaul jangan sampai di gauli dan juga menggauli''. Jangan takut di cap ''gak gaul'' hanya karena kita mempertahankan apa yang kita punya, dan juga jangan takut di cap ''gak gaul'' hanya karena kita menginginkan masa depan yang lebih baik...
DO THE BEST FOR THE BETTER FUTURE

11 komentar:

  1. bener neh, tulisan yang mesti dibaca banyak orang. anak2 zaman sekarang udah overdosis cara bergaulnya

    BalasHapus
  2. nice tuh posnya~
    biar g gaul,cuek aja :-D

    BalasHapus
  3. karena takut di bilang gak gaul, kebayakan jadi asal-asalan bergaulanya...#Miris#

    BalasHapus
  4. anak gaul justru gak boleh digauli. hehee

    BalasHapus
  5. @rusyidi : kaya minum obat
    @asep : jamannya beda tapi kan masi manusia namanya
    @jafara : cuek bukan berarti gak gaul juga loh :D
    @ririe : setuju dengan komennya
    @mbak fany : nah itu dia maksudnya

    BalasHapus
  6. kalo ngga mau di gauli berarti ngga gaul dong tapi norak sok pengen eksis...


    peran orang tua sangat di perlukan di jaman yg kayak sekarang, kalo ngga siap2 aja anak2nya ntar di gauli...

    BalasHapus
  7. hal yg berhubungan gaul menggauli tu kalimat yg asiiik dibicarakan....
    :P
    susah susah gampang,,gampang-gampang susah bergaul dan menggauli....

    BalasHapus
  8. @zan : betul bagaimanapun juga peran orang tualah yang paling penting
    @zone : asik asik asik... :D

    BalasHapus
  9. haha betul itu..
    gaul juga bisa diartikan yang lebih positif tentunya, dan bukan cuma hura2 aja..
    btw ditunggu ya follow baliknya :)..

    BalasHapus
  10. terimakasih kunjungannya.... Akak segera di folback....

    BalasHapus

Entri Populer

Sahabat Penulis

Follow Blog Ini